DASAR-DASAR PENULISAN ILMIAH
By : Pak Des
APA YANG DI MAKSUD KARYA ILMIAH?
Karya ilmiah adalah suatu argumentasi
penalaran keilmuan yang di tulis secara logis, kronologis dan sistematis dan
merupakan hasil pemikiran atau ide-ide baru untuk menyelesaikan suatu masalah,
yang terkumpul berdasarkan pengalaman dan di bahas dengan berbagai teori
sebagai rujukkan.
MENGAPA PENDIDIK HARUS MENULIS KARYA
ILMIAH?
-
Seorang pendidik adalah ilmuan yang memiliki
fungsi ganda, yaitu:
-
Secara individual, pendidik
harus melaksanakan tugasnya untuk penelahan keilmuannya tampa henti
-
Secara sosial pendidik
sebagai ilmuan bertanggung jawab agar hasil produk keilmuannya di terima dan di
manfaatkan oleh masyarakat
BAGAIMANA MENULIS KARYA
ILMIAH
-
Penulisan karya ilmiah
berdasarkan masalah yang ada di lapangan
-
Membuat suatu penulisan
karya ilmiah harus singkat, padat, dan akurat
-
Membuat detail dan
rujukkan yang cukup untuk memungkinkan orang lain memproduk
-
Kritik dari suatu
publikasi boleh saja dilakukan asal mengkritik substansinya dan bukan
penulisnya
TANGGUNG JAWAB PROFESSIONAL DAN MORAL
PENDIDIK SEBAGAI ILMUAN
-
Asas moral dalam
penulisan ilmiah mencangkup:
·
Kebenaran
·
Kejujuran
·
Menyandarkan kepada
kekuatan argumentasi
·
Rasional
·
Objektif
·
Kritis
·
Terbuka
·
Pregmatis
·
Netral dari nilai-nilai
yang bersifat dokmatik dalam menafsirkan hakekat realitas
TIMBULNYA MASALAH
-
Terjadi masalah pada
pendidikan dimana pendidik dan tenaga kependidikan sendiri tidak sadar akan
pentingnya masalah tersebut
-
Pendidik dan tenaga
kependidikan telah merasakan adanya masalah yang perlu di selesaikan namun
karena berbagai hal masalah tersebut belum muncul kepermukaan dan mendapatkan
dukungan
-
Adanya suatu masalah
yang akan timbul disebabkan karena proses yang sedang berjalan sekarang ini
-
Munculnya paham
rasionalisasi yang salah yang tidak di sadari oleh pendidik dan tenaga
kependidikan
-
Adanya usaha dari
pendidik dan tenaga kependidikan untuk menegakkan kebenaran
-
Di tengah situasi
dimana segenap nilai mengalami kegoncangan
CONTOH MASALAH
-
Bagaimana meningkatkan
profesionalitas guru IPA khususnya dalamnya dalam bidang penilaian hasil
belajar siswa?
-
Kenyataan menunjukkan
masih banyak guru ipa yang belum sepenuhnya mampu menerapkan sistem penilaian
yang komprehensif terutama penilaian yang sesuai dengan karakteristik IPA.
-
Bagaimana merencanakan
alat peraga fisika untuk membantu terlaksananya pembelajaran fisika yang dapat
memberikan pengalaman langsung dan melatih keterampilan proses sains?
CONTOH MASALAH
-
Tuntutan untuk
menghasilkan kualitas lulusan yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan
masyarakat melalui KTSP menjadi salah satu focus dari pengelola pendidikan pada
tingkat pendidikan dasar
-
Strategi pembelajaran
yang bersifat konfensional belum kearah pengembangan multiplay intell I genses,
sehingga guru kurang pandaimelahirkan ide-ide baru dalam pembelajaran yang
inofatif.
-
Bagaimana memanfaatkan
teknologi komunikasi dan informasi untuk pengembangan pembelajaran sains dan
mate-matika dengan berbasis multimedia
CONTOH LATAR BELAKANG MASALAH
-
Bagi suatu bank yang
memiliki cabang di berbagai daerah atau kota di dalam Negri maupun di luar
Negri memerlukan abgrading karyawan secara terus menerus melalui training.
-
Jumblah kariawan dan
banyaknya lefel jabatan menjadi masalah dalam peng organisasian training.
-
Dalam menyelenggarakan
training, suatu bank harus menyediakan secara khusus panitia trening,
instruktur, tempat, waktu, dan biaya akomodasi.
-
Masalah lain yang di
hadapi saat pelaksanaan traning, sejumlah kariawan akan meninggalkan tempat
tugas, hal ini merupakan kerugian waktu dan juga dapat menjadi lost of
opportunity bagi bank.
-
Selain itu waktu yang
di perlukan untuk melatih bergantung pada jumblah kariawan, jika jumblah
kariawan banyak maka harus dibuat kelas faralel atau panitia training harus
terus menerus melaksanakan pelatihan beberapa tahap.
-
Keadaan ini merupakan
biaya yang tinggi yang harus di tanggung oleh bank. Salah satu alternative
untuk efisiensi biaya dan waktu di kembangkan model pelatihan berbasis
e-learning
CONTOH JUDUL-JUDUL KARYA ILMIAH
-
Ipaya meningkatkan
kwalitas pembelajaran sains melalui pengembangan multi play intelegences
-
Standar penilaian
kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
-
Upaya menuju
profesionalitas guru rumpun mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dengan
peningkatan kemampuan penilaian pembelajaran
-
Pengembangan bahan ajar
pelatihan bagi kariawan bank berbasis e-learning
-
Pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi dalam pembelajaran sains dan mate-matika
-
Strategi pembelajaran
mipa berbasis bk
URUTAN PENULISAN
-
Pendahuluan
-
Permasalahan
-
Pembahasan
-
Kesimpulan
-
Daftar pustaka
I.
PENDAHULUAN
-
Di jelaskan latar
belakang timbulnya masalah urutan penulisan dari hal-hal yang umum ke hal-hal
yang khusus
-
Setiap pariabel di
berikan contoh fakta-fakta yang ada di lapangan
-
Hubungkan dengan
sedikit teori atau perbandingkan dengan fakta lain (missal di luar negri), atau
aturan-aturan yang berlaku (missal pp,permen,dst)
-
Pada akhir pendahuluan
di tekankan pentingnya mencarikan solusi untuk permasalahan tersebut
II.
PERMASALAHAN
-
Permasalahan merupakan
upaya untuk menyatakan secara tersurat pertanyaan-pertanyaan atau pernyataan
yang ingin dicari jawabannya
-
Rumuskan permasalahan
dengan bahasa pertanyaan atau pernyataan berdasarkan latar belakang yang telah
di jelaskan pada pendahuluan
III.
PEMBAHASAN
-
Pembahasan merupakan
pengetahuan-pengetahuan ilmiah sebagai premis dalam argumentasi
-
Setiap pariabel di
bahas berdasarkan teori-teori, peraturan, dsb
-
Dibahas beberapa
alternative sebagai solusi untuk mencapai penyelesaian permasalahan
-
Diberikan penguatan
solusi yang paling efektif untuk penyelesaian permasalahan
IV.
KESIMPULAN
Kesimpulan merupakan sintesis dari keseluruhan aspek
yang di uraikan secara ringkas dari hasil pembahasan dan merupakan solusi
jawaban untuk menyelesaikan permasalahan.
V.
DAFTAR PUSTAKA
Dituliskan berbagai buku rujukkan, di tulislah buku
rujukkan dengan mengacu salah satu teknik penulisan daftar pustaka
PUBLIKASI HASIL KARYA ILMIAH
-
Pendidik harus segera
mempublikasikan temuannya dalam jurnal ilmiah
-
Mempublikasikan karya
ilmiah di jurnal harus memiliki tanggung jawab terhadap penulisannya yang
akurat, dan tidak bias dalam menginter pretasikannya
-
Seorang pendidik tidak
dibenarkan menyatakan satu penemuan yang plagiat di publikasikan dalam jurnal
ilmiah
Etika akedemis yang harus dimiliki oleh
setiap pendidik sebagai pedoman dalam menjalankan aktivitas akademiknya, antara
lain:
-
Bekerja dengan jujur
-
Tidak mencurangi data
-
Berusaha
selalubertindak TEPAT, TELITI dan CERMAT.
-
Berlaku ADIL terhadap pendapatorang
lain yang muncul terlebih dahulu.
-
Menjauhi pandangan
BERBIAS terhadap data dan pemikiran orang lain.
-
Tidak BERKOMPROMI
tetapi mengusahakan penyelesaian permasalahn secara tuntas.
Etika ilmuan dalam penulisan karya tulis
ilmiah
-
OBYEKTIF, (berdasarkan
kondisi factual)
-
UP TO DATE, (yang
ditulismerupakan perkembangan ilmu paling akhir)
-
RASIONAL, (berfungsi
sebagai wahana penyampaian kritik timbale balik)
-
RESERVED, (tidak
overcliming, jujur, lugas dan tidak bermotif pribadi)
-
EFEKTIF dan EFISIEN,
(tulisan sebagai alat komunikasi yang berdaya tarik tinggi).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar