Senin, 21 Oktober 2013

DASAR-DASAR PENULISAN ILMIAH



DASAR-DASAR PENULISAN ILMIAH

By : Pak Des

APA YANG DI MAKSUD KARYA ILMIAH?
Karya ilmiah adalah suatu argumentasi penalaran keilmuan yang di tulis secara logis, kronologis dan sistematis dan merupakan hasil pemikiran atau ide-ide baru untuk menyelesaikan suatu masalah, yang terkumpul berdasarkan pengalaman dan di bahas dengan berbagai teori sebagai rujukkan.

MENGAPA PENDIDIK HARUS MENULIS KARYA ILMIAH?
-           Seorang pendidik adalah ilmuan yang memiliki fungsi ganda, yaitu:
-          Secara individual, pendidik harus melaksanakan tugasnya untuk penelahan keilmuannya tampa henti
-          Secara sosial pendidik sebagai ilmuan bertanggung jawab agar hasil produk keilmuannya di terima dan di manfaatkan oleh masyarakat

BAGAIMANA MENULIS KARYA ILMIAH
-          Penulisan karya ilmiah berdasarkan masalah yang ada di lapangan
-          Membuat suatu penulisan karya ilmiah harus singkat, padat, dan akurat
-          Membuat detail dan rujukkan yang cukup untuk memungkinkan orang lain memproduk
-          Kritik dari suatu publikasi boleh saja dilakukan asal mengkritik substansinya dan bukan penulisnya

TANGGUNG JAWAB PROFESSIONAL DAN MORAL PENDIDIK SEBAGAI ILMUAN
-          Asas moral dalam penulisan ilmiah mencangkup:
·         Kebenaran
·         Kejujuran
·         Menyandarkan kepada kekuatan argumentasi
·         Rasional
·         Objektif
·         Kritis
·         Terbuka
·         Pregmatis
·         Netral dari nilai-nilai yang bersifat dokmatik dalam menafsirkan hakekat realitas





TIMBULNYA MASALAH

-          Terjadi masalah pada pendidikan dimana pendidik dan tenaga kependidikan sendiri tidak sadar akan pentingnya masalah tersebut
-          Pendidik dan tenaga kependidikan telah merasakan adanya masalah yang perlu di selesaikan namun karena berbagai hal masalah tersebut belum muncul kepermukaan dan mendapatkan dukungan
-          Adanya suatu masalah yang akan timbul disebabkan karena proses yang sedang berjalan sekarang ini
-          Munculnya paham rasionalisasi yang salah yang tidak di sadari oleh pendidik dan tenaga kependidikan
-          Adanya usaha dari pendidik dan tenaga kependidikan untuk menegakkan kebenaran
-          Di tengah situasi dimana segenap nilai mengalami kegoncangan

CONTOH MASALAH
-          Bagaimana meningkatkan profesionalitas guru IPA khususnya dalamnya dalam bidang penilaian hasil belajar siswa?
-          Kenyataan menunjukkan masih banyak guru ipa yang belum sepenuhnya mampu menerapkan sistem penilaian yang komprehensif terutama penilaian yang sesuai dengan karakteristik IPA.
-          Bagaimana merencanakan alat peraga fisika untuk membantu terlaksananya pembelajaran fisika yang dapat memberikan pengalaman langsung dan melatih keterampilan proses sains?


CONTOH MASALAH
-          Tuntutan untuk menghasilkan kualitas lulusan yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat melalui KTSP menjadi salah satu focus dari pengelola pendidikan pada tingkat pendidikan dasar
-          Strategi pembelajaran yang bersifat konfensional belum kearah pengembangan multiplay intell I genses, sehingga guru kurang pandaimelahirkan ide-ide baru dalam pembelajaran yang inofatif.
-          Bagaimana memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi untuk pengembangan pembelajaran sains dan mate-matika dengan berbasis multimedia



CONTOH LATAR BELAKANG MASALAH
-          Bagi suatu bank yang memiliki cabang di berbagai daerah atau kota di dalam Negri maupun di luar Negri memerlukan abgrading karyawan secara terus menerus melalui training.
-          Jumblah kariawan dan banyaknya lefel jabatan menjadi masalah dalam peng organisasian training.
-          Dalam menyelenggarakan training, suatu bank harus menyediakan secara khusus panitia trening, instruktur, tempat, waktu, dan biaya akomodasi.
-          Masalah lain yang di hadapi saat pelaksanaan traning, sejumlah kariawan akan meninggalkan tempat tugas, hal ini merupakan kerugian waktu dan juga dapat menjadi lost of opportunity bagi bank.
-          Selain itu waktu yang di perlukan untuk melatih bergantung pada jumblah kariawan, jika jumblah kariawan banyak maka harus dibuat kelas faralel atau panitia training harus terus menerus melaksanakan pelatihan beberapa tahap.
-          Keadaan ini merupakan biaya yang tinggi yang harus di tanggung oleh bank. Salah satu alternative untuk efisiensi biaya dan waktu di kembangkan model pelatihan berbasis e-learning

CONTOH JUDUL-JUDUL KARYA ILMIAH
-          Ipaya meningkatkan kwalitas pembelajaran sains melalui pengembangan multi play intelegences
-          Standar penilaian kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
-          Upaya menuju profesionalitas guru rumpun mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dengan peningkatan kemampuan penilaian pembelajaran
-          Pengembangan bahan ajar pelatihan bagi kariawan bank berbasis e-learning
-          Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran sains dan mate-matika
-          Strategi pembelajaran mipa berbasis bk


URUTAN PENULISAN
-          Pendahuluan
-          Permasalahan
-          Pembahasan
-          Kesimpulan
-          Daftar pustaka





I.                   PENDAHULUAN
-          Di jelaskan latar belakang timbulnya masalah urutan penulisan dari hal-hal yang umum ke hal-hal yang khusus
-          Setiap pariabel di berikan contoh fakta-fakta yang ada di lapangan
-          Hubungkan dengan sedikit teori atau perbandingkan dengan fakta lain (missal di luar negri), atau aturan-aturan yang berlaku (missal pp,permen,dst)
-          Pada akhir pendahuluan di tekankan pentingnya mencarikan solusi untuk permasalahan tersebut

II.                PERMASALAHAN
-          Permasalahan merupakan upaya untuk menyatakan secara tersurat pertanyaan-pertanyaan atau pernyataan yang ingin dicari jawabannya
-          Rumuskan permasalahan dengan bahasa pertanyaan atau pernyataan berdasarkan latar belakang yang telah di jelaskan pada pendahuluan

III.             PEMBAHASAN
-          Pembahasan merupakan pengetahuan-pengetahuan ilmiah sebagai premis dalam argumentasi
-          Setiap pariabel di bahas berdasarkan teori-teori, peraturan, dsb
-          Dibahas beberapa alternative sebagai solusi untuk mencapai penyelesaian permasalahan
-          Diberikan penguatan solusi yang paling efektif untuk penyelesaian permasalahan

IV.             KESIMPULAN
Kesimpulan merupakan sintesis dari keseluruhan aspek yang di uraikan secara ringkas dari hasil pembahasan dan merupakan solusi jawaban untuk menyelesaikan permasalahan.

V.                DAFTAR PUSTAKA
Dituliskan berbagai buku rujukkan, di tulislah buku rujukkan dengan mengacu salah satu teknik penulisan daftar pustaka









PUBLIKASI HASIL KARYA ILMIAH
-          Pendidik harus segera mempublikasikan temuannya dalam jurnal ilmiah
-          Mempublikasikan karya ilmiah di jurnal harus memiliki tanggung jawab terhadap penulisannya yang akurat, dan tidak bias dalam menginter pretasikannya
-          Seorang pendidik tidak dibenarkan menyatakan satu penemuan yang plagiat di publikasikan dalam jurnal ilmiah

Etika akedemis yang harus dimiliki oleh setiap pendidik sebagai pedoman dalam menjalankan aktivitas akademiknya, antara lain:
-          Bekerja dengan jujur
-          Tidak mencurangi data
-          Berusaha selalubertindak TEPAT, TELITI dan CERMAT.
-          Berlaku ADIL terhadap pendapatorang lain yang muncul terlebih dahulu.
-          Menjauhi pandangan BERBIAS terhadap data dan pemikiran orang lain.
-          Tidak BERKOMPROMI tetapi mengusahakan penyelesaian permasalahn secara tuntas.


Etika ilmuan dalam penulisan karya tulis ilmiah
-          OBYEKTIF, (berdasarkan kondisi factual)
-          UP TO DATE, (yang ditulismerupakan perkembangan ilmu paling akhir)
-          RASIONAL, (berfungsi sebagai wahana penyampaian kritik timbale balik)
-          RESERVED, (tidak overcliming, jujur, lugas dan tidak bermotif pribadi)
-          EFEKTIF dan EFISIEN, (tulisan sebagai alat komunikasi yang berdaya tarik tinggi).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar